Acara-acara musik di indonesia saat ini - Dunia hiburan di tanah air ini sangatlah pesat perkembangannya, salah satunya adalah hiburan acara musik. Dewasa ini, dari yang semula hanya beberapa stasiun televisi saja yang menayangkannya, sekarang hampir setiap stasiun televisi mempunyai program musik. Bisa dibilang program-program musik di stasiun-stasiun televisi merupakan program yang cukup laris di Indonesia dibuktikan dengan menjamurnya program-program ini diberbagai stasiun televisi. Acara atau program musik merupakan program acara yang menayangkan segala bentuk pertunjukan musik yang melalui media seperti televisi maupun radio dan internet. Kemunculan progam-program musik ini sejatinya sudah ada dari awalnya berdiri RRI dan TVRI pada masa lampau. RRI dan TVRI adalah media eletronik pertama yang dimiliki bangsa Indonesia. Lewat media-media ini masyarakat Indonesia mendapatkan berbagai informasi dari dalam maupun luar negri. Berbicara acara-acara musik di Indonesia saat ini jika dibandingkan dengan acara-acara musik misalnya di era 90an sangatlah berbeda. Di era 90an menurut kami acara musik di era itu sangatlah berkualitas dalam artian benar-benar konsisten dengan konsep program yang dibawakannya. Misal program acara musik, dalam acara tersebut akan ditampilkan berbagai musisi dengan karya-karyanya baik secara live perfom maupun video klip, kemudian pengetahuan tentang berbagai musik, isu-isu dunia musik dari dalam maupun luar negri, bincang-bincang bersama artis musik dan lain-lain yang berkaitan dengan musik. Banyak artis-artis musik yang berkualitas selalu datang mengisi acara-acara tersebut. Jika dibandingkan dengan acara-acara musik di Indonesia saat ini akan terlihat beberapa perbedaan yang membedakan antara acara-acara musik sekarang dan era dulu. Hal yang paling menonjol adalah terlihat dari pembawaan host atau pembawa acara musik sekarang cenderung ke arah komedi atau lawak. Akhirnya konsep yang terlihat seperti komedi atau mungkin memang sudah dikonsep adalah komedi. Kenapa bisa dikatakan komedi? Yang pertama acara-acara musik saat ini hanya menampilkan polah-polahnya para pembawa acara tersebut. Hal-hal yang berbau dan berkaitan dengan musik akhirnya sangat jarang terlihat, justru musisinya malah hanya sebagai pemanis untuk guyon (Percandaan) para host-host acara musik tersebut. Jadi terbalik antara acara musik dan acara host dan untuk sekarang yang terjadi adalah acara host yang diisi oleh artis musik. Yang kedua adalah artis musik kerap menjadi bahan tertawaan yang kadang tidak disadari oleh si host bahwa itu mungkin menyinggung si artis ini di depan khalayak publik Indonesia. Misal karena tampilan si artis yang aneh lalu dibuat menjadi bahan guyon atau becandaan.
Sebenarnya konsep seperti ini bisa dipahami melalui berbagai sudut pandang, misal dari segi keuntungan, banyak yang menonton banyak iklan atau sponsor masuk ke stasiun tv tersebut. Ini yang akan dilakukan oleh konseper-konseper tv untuk banyak meraih untung karena hal yang mereka konsep cukup menarik dan menguntungkan. Tapi hal ini bagi sebagian orang merupakan hal yang aneh dan tidak mendidik. Kemudian dari kualitas acara akhirnya menurun tidak seperti acara-acara musik dulu yang terlihat elegan dan konsisten dengan tema acaranya. Terlihat hanya acara gosip-menggosip antar host itu sendiri. Itu merupakan salah satu stategi pasar yang dilakukan para konseper-konseper sekarang di Indonesia, tapi alangkah lebih baiknya bisa ditanamkan kembali konsistensi acara musik itu sendiri. Tidak akan membosankan bilamana acara tersebut selalu bisa menampilkan hal-hal baru misalnya, mendatangkan artis musik yang berkualitas bisa dari dalam negri maupun luar negri. Dengan seperti itu ini akan menjadikan hal baik dan bagus bukan hanya hiburan atau becandaan semata yang sebernarnya tidak lucu, tapi dianggap lucu. Media sangat berperan sekali dalam menanamkan pemahaman-pemahaman tertentu. Dan media bisa menciptakan pasar itu sendiri. Hidup musik tanah air!
Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang chrod lagu Smells Like Teen Spirit Nirvana.
Sebenarnya konsep seperti ini bisa dipahami melalui berbagai sudut pandang, misal dari segi keuntungan, banyak yang menonton banyak iklan atau sponsor masuk ke stasiun tv tersebut. Ini yang akan dilakukan oleh konseper-konseper tv untuk banyak meraih untung karena hal yang mereka konsep cukup menarik dan menguntungkan. Tapi hal ini bagi sebagian orang merupakan hal yang aneh dan tidak mendidik. Kemudian dari kualitas acara akhirnya menurun tidak seperti acara-acara musik dulu yang terlihat elegan dan konsisten dengan tema acaranya. Terlihat hanya acara gosip-menggosip antar host itu sendiri. Itu merupakan salah satu stategi pasar yang dilakukan para konseper-konseper sekarang di Indonesia, tapi alangkah lebih baiknya bisa ditanamkan kembali konsistensi acara musik itu sendiri. Tidak akan membosankan bilamana acara tersebut selalu bisa menampilkan hal-hal baru misalnya, mendatangkan artis musik yang berkualitas bisa dari dalam negri maupun luar negri. Dengan seperti itu ini akan menjadikan hal baik dan bagus bukan hanya hiburan atau becandaan semata yang sebernarnya tidak lucu, tapi dianggap lucu. Media sangat berperan sekali dalam menanamkan pemahaman-pemahaman tertentu. Dan media bisa menciptakan pasar itu sendiri. Hidup musik tanah air!
Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang chrod lagu Smells Like Teen Spirit Nirvana.
Belum ada tanggapan untuk "Acara-Acara Musik Di Indonesia Saat Ini"
Post a Comment