Tips Bermain Jimbe Untuk Pemula

Tips bermain jimbe untuk pemula - Jimbe merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Jimbe atau Jembe adalah salah satu warisan budaya yang berasal dari Bangsa Afrika. Banyak yang menceritakan bahwa awal mula jimbe atau jembe berasal dari kerajaan Mali sekitar abad 12. Jimbe terbuat dari kayu yang dibentuk mirip gelas besar dan bagian atas atau lubang yang paling besar ditutup dengan menggunakan kulit yang diikat dengan tali untuk mengencangkannya. Menurut sejarah di Bangsa Afrika, awalnya jimbe juga digunakan sebagai alat komunikasi antar warga. Hal ini karena jarak antar desa dan desa lainnya sangat jauh dan jimbe menjadi alat komunikasi sebagai penyampai pesan dari orang ke orang lainnya.



Alat musik jimbe ini biasa kita temui di musik-musik seperti musik Reggae dan sejenisnya. Jimbe seakan menjadi salah satu simbol dari musik genre Reggae karena sering munculnya di beberapa pertunjukkan musik Raggae. Bermain jimbe adalah hal yang menyenangkan, apalagi bisa bermain bersama teman musik atau band yang lain. Kemudian belajar jimbe bukan merupakan hal yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus. Dalam artikel ini akan memaparkan beberapa tips bermain jimbe untuk pemula. Mari kita simak,,,,


Tips Bermain Jimbe Untuk Pemula



1. Latihan Fokus Dan Konsisten

Tips bermain jimbe untuk pemula yang pertama adalah dengan cara berlatih jimbe dengan fokus dan konsisten. Latihan fokus yaitu salah satunya dengan cara mematikan hp atau alat komunikasi lainnya saat anda akan latihan jimbe. Sebelumnya beritahukan dahulu kepada keluarga bahwa anda sedang akan latihan alat musik jimbe agar tidak khawatir terhadap anda karena susah dihubungi. Kemudian latihan dengan konsisten adalah meluangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk berlatih jimbe. Bedakan antara latihan sendiri dan waktu latihan bersama band. Lakukan hal ini setiap hari.

2. Cara Memukul Jimbe Dan Suaranya

Tips bermain jimbe untuk pemula yang kedua adalah mempelajari pukulan pada jimbe dengan suara-suara tertentu dan cara menghasilkannya. Dalam point ke dua tips bermain jimbe untuk pemula ini akan memberikan beberapa cara memukul jimbe dan suara yang dhasilkan.

  • Suara "tung" atau slap, yaitu dengan cara pukulan bagian tepi jimbe tetapi jangan terlalu pingir, setidaknya ada jarak sekitar 5 cm dari batas pinggir.
  • Suara "dung", yaitu dengan cara memukul bagian tengah-tengah pada membran jimbe dengan salah satu tangan dengan jari-jari tangan rapat.
  • Suara "tak", yaitu dengan cara meletakkan salah satu tangan di tengah-tengah membran jimbe dengan posisi vertikal ke atas, seperti posisi memecah batu bata oleh para pesilat tetapi telapak tangan agak dibengkokkan sedikit, kemudian tangan satunya melakukan teknik suara slap. 

3. Memiliki Jimbe 

Tips bermain jimbe untuk pemula yang ketiga adalah dengan memiliki jimbe sendiri. Kami menyarankan agar anda yang ingin bermain dan berlatih jimbe baiknya memiliki jimbe sendiri. Jika kita memiliki jimbe sendiri akan mudah dalam berlatih jimbe untuk tiap saat. Bagi pemula belilah jimbe yang tidak terlalu mahal dahulu, tetapi jika memang ada budget untuk membeli yang mahal maka belilah saja. 

4. Mengkoleksi Banyak Lagu

Tips bermain jimbe untuk pemula yang keempat adalah dengan banyak mengkoleksi lagu-lagu baik dalam negri maupun lagu luar negri yang dimainkan dengan jimbe anda. Caranya adalah banyak mendengarkan banyak lagu lalu memainkannya kembali dengan bernyanyi dan bermain jimbe. Lakukan hal ini sesering mungkin agar anda bisa menguasai jimbe anda sendiri dan pukulan-pukulan jimbe anda menjadi luwes.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Cara Membuat Melodi Enak.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Bermain Jimbe Untuk Pemula"