Cara Bermain Bass Dangdut

Cara bermain bass dangdut - Bass adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Pada umumnya bass atau bass gitar memiliki 4 senar atau dawai. Pada bass gitar perlu aliran listrik untuk membunyikannya sehingga suara bass bisa terdengar keras. Aliran listrik ini berfungsi untuk menghidupkan pickup atau mesin listrik pada bass gitar. Peranan bass dalam suatu pertunjukkan musik sangatlah penting. Banyak para bassis atau pemain bass yang terkenal akan kehebatannya dalam memainkan alat musik bass misalnya, Billy Sheehan, Barry Likumahuwa, John Myung dan masih banyak yang lainnya. Bass berfungsi sebagai penentu nada atau chord dalam sebuah kelompok musik saat sedang bermain atau mempertunjukkan pertunjukkan musik. Bass juga pembuat beat yang bisa membuat para pendengarnya ingin ikut berjoget. Dalam bermain bass, rasa dan feeling haruslah jalan jika ingin bermain bass gitar dengan baik dan indah. 



Belajar bass atau bass gitar bukanlah hal yang sulit. Kita bisa mempelajarinya sendiri melalui media internet, minta diajari teman kita yang bisa main bass ataupun mengikuti kelas musik untuk alat musik bass gitar. Dalam bermain musik, kita akan banyak menemui genre-genre musik. Setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda, begitu pula juga dengan para musisi dalam hal ini bassis yaitu orang yang memainkan alat musik bass. Genre yang paling digemari oleh banyak masyarakat Indonesia salah satunya adalah dangdut. Dalam artikel kali ini akan memaparkan cara bermain bass dangdut. Mari kita simak bersama-sama...

Cara Bermain Bass Dangdut



1. Belajar Teknik bass

Cara bermain bass dangdut yang pertama adalah dengan mempelajari teknik-teknik dalam bermain bass. Di bawah ini adalah teknik-teknik bermain bass.
  • Alternate Picking, adalah memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian. Biasanya jari telunjuk dan jari tengah yang digunakan.
  • Up Down Thumb, Adalah menggunakan jempol sebagai pick, kemudian 4 jari lainnya memetik. Seperti memainkan gitar akustik.
  • Slapping, adalah menampar senar bass dengan menggunakan jempol atau menggunakan telapak tangan. 
  • Popping, adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi, sehingga bertabrakan atau beradu dengan fret bass.
  • Tapping, adalah menekan senar bass dengan jari kemudian geser sedikit seperti mencolek senar. Teknik juga digunakan pada gitar.
  • Neck Bending, adalah pada saat memetik bass kemudian tekan headstock atau ujung senar tepatnya dibagian kepala bass. Teknik ini juga digunakan pada gitar.

2. Mainkanlah Lagu Rock

Cara bermain bass dangdut yang kedua adalah dengan cara latihan dan mencoba memainkan lagu-lagu bergenre rock. Caranya adalah dengan mendengarkan lagu-lagu rock lalu cobalah memainkannya kembali dengan bassmu. Kami mereferensikan beberapa lagu rock yang bisa kamu pelajari misalnya lagu Kehidupan milik God Bless, Semut Hitam milik God Bless, Sweat Child O'Mine milik Guns N' Roses, Under Glass Moon milik Dream Theater, Jump milik Van Hallen dan masih banyak lagu yang bergenre rock, pelajari dan mainkanlah. Kenapa lagu rock? karena di dalam lagu-lagu rock ini dapat melatih skill kita saat memainkannya. Musik rock juga sebagai dasar belajar kamu bermain skill dan speed. Jika skill dan speedmu baik, memainkan lagu-lagu dangdut menjadi akan sangat mudah.

3. Perbanyak Koleksi Lagu Dangdut

Cara bermain bass dangdut yang ketiga adalah dengan cara memperbanyak koleksi lagu-lagu dangdut yang bisa kamu mainkan dengan bassmu. Caranya dengan banyak mendengarkan musik dangdut seperti lagu-lagu milik Roma Irama, Inul dan sebagainya, lalu mainkanlah kembali lagu-lagu tersebut dengan bassmu. Lakukan hal ini secara rutin, ini akan membuatmu menjadi mahir dalam memainkan lagu-lagu dangdut. Mainkan lagu-lagu dangdut bersama kelompok musikmu juga secara rutin, ini akan membuat permainan kelompok musik dangdutmu menjadi keren dan menarik.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Cara Cepat Bisa Bermain Drum.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Bermain Bass Dangdut"