Cara Cepat Bisa Menyanyi

Cara cepat bisa menyanyi - Bernyanyi adalah hal yang sangat menyenangkan hati bagi setiap orang. Setiap orang dalam hidupnya pasti pernah melakukan apa yang dinamakan menyanyi. Menyanyi itu sendiri adalah mengeluarkan suara melalui mulut dengan nada yang telah diatur dalam komposisi teratur yang bernama lagu. Dari balita sampai orang tua pasti pernah bernyanyi, baik di depan  umun maupun di ruangan pribadi seperti kamar tidur, kamar mandi dan sebagainya. Bernyanyi atau juga bisa bersenandung selain merupakan sebuah hobi dalam bermusik, ini adalah wujud sebuah ekspresi luapan hati yang kadang-kadang muncul pada beberapa orang. Ekspresi bernyanyi atau bersenandung bisa terjadi karena suasana hati seseorang yang sedang sedih maupun sedang senang kadang juga merupakan kebiasaan.


Semua orang bisa bernyanyi, tetapi tidak semua orang bisa menyanyi dengan baik dan indah. Untuk mendapat suara yang baik untuk menyanyi, dibutuhkan belajar atau latihan dalam menyanyi. Belajar menyanyi untuk bisa menyanyi dengan baik dan indah tidaklah sulit, selagi ada kemauan belajar keras untuk latihan bernyanyi semua akan bisa terwujud apa yang mau, yaitu bisa menyanyi dengan baik dan indah. Dalam artikel ini akan memaparkan beberapa cara cepat bisa menyanyi. Mari kita simak bersama....

Cara Cepat Bisa Menyanyi



1. Sering Menyanyi

Cara cepat bisa menyanyi yang pertama adalah dengan sering-sering menyanyikan lagu-lagu, baik lagu dari lokal Indonesia maupun mancanegara. Terbiasa menyanyi akan membuat range vokal kamu terbiasa dan fleksibel. Sering menyanyi juga membiasakan diri menyesuaikan nada-nada dalam setiap lagu yang berbeda dengan benar. Sediakanlah ruangan khusus untuk bernyanyi, berteriak-teriak untuk melatih suara dengan menyanyikan sebuah lagu misalnya bisa di kamar atau ruangan kerja dan sebagainya. Kemudian yang suka karaoke di tempat karaoke, berkaraokelah nyanyi bareng teman-temanmu. Dari situ nantinya akan bisa mendapat masukan-masukan, walaupun teman-temanmu bukan ahli musik tetapi mereka merupakan penikmat musik yang tahu bagaimana seorang penyanyi menarik atau tidak, fals atau tidak. Jangan malu dan marah terhadap kritik.

2. Belajar Nada

Cara cepat bisa menyanyi yang kedua adalah dengan belajar nada-nada. Belajar nada adalah melatih kepekaan terhadap nada-nada agar bisa menyanyikan nada tersebut dengan baik dan tidak fals. Hal ini penting dalam menyanyikan sebuah lagu agar kamu tidak fals tentunya saat bernyanyi. Caranya adalah dengan mencoba memainkan alat musik seperti piano. Tekan pada tuts piano atau keyboard nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do lalu ikuti dengan cara melafalkan lewat suara dari mulut nada tersebut dengan benar dan tidak fals. Teruskan sampai batas maksimal range suaramu. Latih itu setiap hari. Bisa memainkan salah satu alat musik akan lebih baik.

3. Belajar Teknik Menyanyi

Cara cepat bisa menyanyi yang ketiga adalah dengan mempelajari teknik-teknik dasar menyanyi agar bisa bernyanyi dengan baik seperti :
- Latihan Pernafasan (breath control) :

  • Pernafasan bahu : pada saat menarik atau mengambil nafas dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru.
  • Pernafasan dada : dengan cara membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru.
  • Pernafasan diafragma/rongga perut : yaitu dengan cara mengembangkan rongga perut atau diafragma untuk mengisi paru-paru.
- Latihan Intonasi atau pitch control : yaitu tentang pengenalan nada agar tidak fals saat menyanyi

  • Rasa Musikal, dapat dilatih dengan cara banyak-banyak mendengarkan lagu dari dalam negri maupun luar negri.
  • Kontrol pernafasan, dapat dilatih dengan memperkuat pernafasan dengan olahraga. Kontrol dimana harus ambil nafas dan membuang nafas saat menyanyi.
  • Pendengaran yang baik, dengan menjaga kualitas telinga dan sering mendengarkan banyak lagu-lagu.
- Latihan Artikulasi (pengucapan) : Alat artikulasi yang perlu dilatih adalah seperti pita suara, bibir, rahang bawah, lidah. Artikulasi atau pengucapan dalam menyanyi harus jelas dalam menyanyikan tiap kata dalam lagu tersebut.

- Teknik Vibrasi yaitu suatu bentuk suara yang bergetar atau bergelombang dalam olah vokal. Fungsi teknik ini bertujuan agar suara lebih merdu dan indah. Contoh vibrasi seperti orang sedang tertawa terbahak-bahak, kemudian teknik ini dikembangkan menjadi salah satu teknik suara.

4. Ikut Les Vokal
Cara cepat bisa menyanyi yang keempat adalah dengan mencoba mengikuti les vokal. Hal ini sangat dianjurkan untuk para pemula yang ingin bisa belajar menyanyi dengan baik. Belajar secara otodidak pun sebenarnya tidak masalah, tetapi akan jauh lebih jika kita banyak menerima saran dari beberapa pengalaman milik orang lain tentang menyanyi, dan ini bisa ditemui melalui les vokal tersebut. Jika tidak mintalah saran kepada teman atau saudara yang bisa menyanyi dengan baik.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Tips Sukses Band Indie.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Cepat Bisa Menyanyi"