Cara Bermain bass Reggae

Cara bermain bass reggae - Musik merupakan bentuk seni yang menghasilkan suara dari alat-alat penghasil bunyi dan suara manusia. Mendengarkan musik bagi semua orang adalah hal yang sangat menyenangkan dan menggembirakan hati. Musik juga sebagai media relaksasi untuk orang yang terlalu jenuh dengan rutinitas keseharian. Bermain musik berkaitan dengan yang namanya alat musik. Bermain alat musik tidak sulit jika kita memang suka dengan alat musik tersebut dan kita mau belajar dengan tekun dan rutin. Alat musik yang akan kita bahas kali ini adalah alat musik yang namanya bass atau bass gitar. Bass merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Bass pada umumnya memiliki 4 senar atau dawai. Agar berfungsi makasimal bass gitar harus dihubungkan dengan aliran listrik untuk menghidupkan pickup atau mesin listrik di dalam badan bass.


Dalam bermain musik kita akan banyak menemui genre-genre musik yang beragam. Salah satunya adalah genre musik reggae. Musik raggae ini merupakan salah satu musik yang cukup digemari oleh masyarakat banyak di dunia ini. Bintang reggae yang paling dikenal di dunia misalnya adalah Bob Marley. Dia merupakan sosok yang termasuk pioner dalam musik reggae ini. Musik raggae dikembangkan di Jamaika di awal tahun 60an yang merupakan tempat tinggal dari Bob Marley. Dalam artikel kali ini, kami akan memaparkan cara bermain bass reggae. Mari kita simak bersama-sama...

Cara Bermain Bass Reggae



1. Belajar Teknik Bass

Cara bermain bass raggae yang pertama adalah dengan cara belajar teknik-teknik dalam bass. Mempelajari teknik-teknik dalam bass merupakan hal cukup penting dalam bermain bass apapun nanti genre yang akan kamu mainkan. Di bawah ini adalah beberapa teknik-teknik dalam belajar bermain bass.
  • Alternate Picking, adalah memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian. Biasanya jari telunjuk dan jari tengah yang digunakan.
  • Up Down Thumb, Adalah menggunakan jempol sebagai pick, kemudian 4 jari lainnya memetik. Seperti memainkan gitar akustik.
  • Slapping, adalah menampar senar bass dengan menggunakan jempol atau menggunakan telapak tangan. 
  • Popping, adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi, sehingga bertabrakan atau beradu dengan fret bass.
  • Tapping, adalah menekan senar bass dengan jari kemudian geser sedikit seperti mencolek senar. Teknik juga digunakan pada gitar.
  • Neck Bending, adalah pada saat memetik bass kemudian tekan headstock atau ujung senar tepatnya dibagian kepala bass. Teknik ini juga digunakan pada gitar.

2. Perbanyak Koleksi Lagu

Cara bermain bass reggae yang kedua adalah dengan cara memperbanyak koleksi lagu-lagu yang bisa kamu mainkan dengan bassmu. Caranya dengan mendengarkan beberapa lagu lalu kemudian mainkanlah kembali dengan bassmu. Lakukan hal ini secara rutin dan tekun. Untuk di awal, cobalah mendengarkan dan memainkan lagu-lagu bergenre rock dahulu. Dalam lagu-lagu rock terdapat teknik-teknik dan kumpulan nada yang indah yang bisa kamu pelajari, dengan begitu kemampuanmu bermain bass terasah secara otomatis saat kamu memainkan lagu-lagu rock tersebut. Kami mereferensikan beberapa lagu seperti Sweat Child O'Mine dari Guns N' Roses, Under Glass Moon dari Dream Theater, Dady Brother Lover Little Boy dari Mr Big, Kehidupan dari God Bless dan masih banyak lagu bergenre rock, mainkanlah!.

3. Mainkan Banyak Lagu Reggae

Cara bermain bass reggae yang ketiga adalah dengan cara memperbanyak juga koleksi lagu-lagu reggae yang bisa kamu kuasai dengan bassmu. Caranya dengan mendengarkan banyak lagu-lagu reggae lalu cobalah untuk memainkannya kembali dengan bassmu. Mainkanlah lagu-lagu raggae seperti lagu milik Bob Marley ada No Woman No Cry, Don't Worry Be Happy, One Love, Is This Love, Smile Jamaica, dan masih banyak yang lainnya. Cobalah mainkan lagu-lagu tersebut dengan selalu menambah koleksi lagu-lagu reggae tiap harinya.

4. Latihan Fokus dan Konsisten

Cara bermain bass reggae yang keempat adalah dengan cara berlatih bass dengan fokus dan konsisten. Latihan dengan fokus berarti waktu tersebut hanya untuk latihan bass. Matikan ponselmu saat akan berlatih bass, sebelumnya beritahu anggota keluarga dulu agar mereka tidak khawatir karena ponselmu tidak bisa dihubungi. Kemudian latihan secara konsisten yaitu latihan dengan selalu meluangkan beberapa jam dalam tiap harinya untuk berlatih bass. Lakukan hal ini setiap hari dan rutin. Dengan kamu menguasai permainan bass, kamu dapat memainkan bass dengan baik apapun genre musiknya.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Cara Bermain Bass Dangdut.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Bermain bass Reggae"