Cara Cepat Bermain Ukulele

Cara cepat bermain ukulele - Ukulele merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik atau digenjreng. Bentuk ukulele seperti gitar akustik pada umumya, yang membedakannya adalah ukuran badannya dan jumlah senarnnya yang lebih sedikit. Jika senar atau dawai gitar pada umumnya berjumlah 6 senar, pada ukulele senar berjumlah hanya 4 senar. Menurut sejarah yang tertulis bahwa ukulele pertama kali ditemukan di Hawai sekitar tahun 1879. Berawal dari perjalanan imigran asal Portugis sekitar tahun 1878 hingga 1913 yng berjumlah 20.000 orang menuju Hawai. Salah seorang imigran membawa gitar yang bentuknya kecil yang dibawanya ke Hawai dan kemudian alat musik ini menjadi populer di Hawai dengan ukuran yang lebih kecil.


Belajar untuk bisa bermain ukulele tidaklah sulit karena memainkan ukulele seperti cara memainkan gitar pada umumnya, hanya perbedaan yang sering terjadi antara memainkan gitar dan ukulele yaitu cara memetiknya. Untuk gitar pada umumnya dimainkan dengan cara dipetik dan digenjreng dengan kuku ataupun pick/stokel sedangkan ukulele seringnya hanya digenjreng dengan menggunakan pick/stokel dan jarang pemain ukulele yang memainkan dengan cara dipetik. Untuk bisa bermain ukulele dengan baik yang terpenting adalah kemauan untuk belajar keras mempelajarinya. Dalam artikel kali ini kami akan memaparkan cara cepat bermain ukulele. Mari kita simak bersama-sama...

Cara Cepat Bermain Ukulele


1. Punya Ukulele

Cara cepat bermain ukulele yang pertama adalah dengan cara mempunyai atau memiliki ukulele sendiri. Hal ini sangatlah penting jika kamu ingin cepat bisa bermain ukulele dengan baik. Jika kita memiliki ukulele sendiri kita akan menjadi lebih sering bersama dan memainkannya setiap saat. Dengan sering bermain ukulele, kamu akan semakin luwes dan mahir dalam memainkan ukulele. Belilah ukulele second yang masih baik fungsinya terlebih dahulu untuk diawal dalam belajar bermain ukulele, tetapi jika kamu memiliki budget untuk bisa membeli ukulele yang baru, belilah segera ukulele yang sesuai dengan seleramu.

2. Belajar Kunci/Chord Dasar

Cara cepat bermain ukulele yang kedua adalah dengan cara mempelajari kunci atau chord-chord dasar dalam memainkan ukulele. Dalam kunci atau chord dasar ukulele sama seperti chord gitar yaitu kunci atau chord mayor dan minor.
- Kunci/Chord Mayor

- Kunci/Chord Minor

3. Cara Memetik Ukelele

Cara cepat bermain ukulele yang ketiga adalah belajar memetik ukulele dengan baik dan benar. Cara memetik ukulele bukanlah dipetik melainkan digenjreng " jreng " bisa menggunakan kuku tetapi alangkah lebih baiknya menggunakan pick/stokel. Bermain ukulele akan menjadi lebih mudah dan bagus dengan cara digenjreng.

4. Perbanyak Koleksi Lagu-Lagu

Cara cepat bermain ukulele yang keempat adalah dengan cara memperbanyak koleksi atau referensi lagu-lagu yang bisa dimainkan dengan ukulelemu baik lagu dalam negri maupun lagu-lagu luar negri. Caranya yaitu dengarkanlah sebuah lagu pilihanmu kemudian mainkanlah kembali dengan ukulelemu. Lakukanlah pada lagu-lagu yang lainnya. Dengan semakin banyak referensi atau koleksi lagu yang bisa kamu mainkan dengan ukulelemu semakin jago pula permainan ukulelemu.

5. Berdoa

Cara cepat bermain ukulele yang kelima adalah berdoa. Sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah Tuhan Yang Maha Esa alangkah baiknya jika kita berdoa sebelum latihan dan sesudah latihan ukulele dengan harapan akan dipermudah dalam belajar dan cepat bisa bermain ukulele dengan baik dan hebat.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Tips Bermain Cajon.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Cepat Bermain Ukulele"

  1. terima kasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk kedepanya

    ReplyDelete