Cara Praktis Membuat User Style dan MIDI Song

Cara praktis membuat user style dan MIDI song - Dunia musik di Indonesia merupakan sebuah lapangan pekerjaan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dari artis musik terkenal ibukota sampai musisi di daerah-daerah biasa mendapatkan penghasilan berupa uang dari bermain musik dan menciptakan karya-karya musik baru mereka. Di masyarakat Indonesia, musik sudah menjadi sebuah kebutuhan yang memenuhi kebutuhan dalam bidang kesenangan hiburan yang bisa melepaskan sejenak kepenatan yang dialami banyak orang dengan kesehariannya. Musik juga sebagai hiburan dalam sebuah acara syukuran di dalam masyarakat misalnya acara syukuran pernikahan, acara syukuran peresmian gedung baru atau tempat usaha baru dan sebagainya. Untuk acara-acara seperti ini kadang disuguhkan dengan pertunjukkan musik organ tunggal dengan penyanyinya. Di daerah-daerah di Indonesia, untuk acara-acara syukuran pernikahan atau kadang sunatan, organ tunggal merupakan pilihan hiburan yang cukup favorit. Jadi pemain organ tunggal di daerah-daerah cukup laris dengan job-job untuk acara seperti syukuran tersebut.


Organ tunggal beserta dengan penyanyi bagi kalangan musisi merupakan pekerjaan di bidang musik yang terbilang cukup mudah untuk melakukannya. Kenapa mudah? karena dalam pertunjukkannya seorang pemain organ tunggal tidak dituntut untuk bermain dengan full chord-chord untuk mengiringi penyanyi bernyanyi, tetapi pemain organ tunggal hanya memainkan style dan MIDI song yang tersedia pada flasdisk saja ataupun yang sudah ter save dalam keyboard. Untuk itu seorang pemain organ tunggal harus bisa membuat style dan MIDI song sendiri walaupun ini bisa di dapat dengan membeli ke orang lain yang bisa membuatnya. Dalam artikel kali ini kami akan memaparkan cara praktis membuat user style dan MIDI song. Mari kita simak bersama-sama...

Cara Praktis Membuat User Style dan MIDI Song


Style adalah accompaniment untuk mengiringi nyanyian pada organ/electone. Kita bisa membuat style sendiri misalnya style keroncong, dangdut, gending dan sebagainya yang kemudian disebut User Style. Style accompaniment untuk organ yang baik terdiri dari intro 1, intro 2, intro 3, main A. main B, main C, main D, fill-in 1, fill-in2, fill-in 3, fill-in 4, break, ending 1, ending 2, ending 3. Dengan user style kita bisa memainkan misal musik tradisional semau kita misalnya memainkan lagu dangdut, lagu campursari dll. Untuk membuat User Style menggunakan software RPP product dari Voyetra Turtle Beach. Kemudian Song Style adalah style yang telah diramu pada bagian intro, interlude dan endingnya. Song adalah style yang direkam pada saat kita memainkan style/song style. Format song adalah general MIDI sehingga bisa dimainkan pada organ type apa saja dan pada organ atau keyboard merek apa saja. Cara membuat Style/Song Style dan Song :


1. Carilah lagu yang akan dibuat style/song style/songnya. Baik bisa dari cassette, CD, VCD, DVD, MP3.

2. Semua lagu yang akan dibuat harus diubah formatnya menjadi wave.

3. Untuk mengubah menjadi format wave digunakan software :

  • Dari cassette langsung menggunakan RPP.
  • Dari CD gunakan software audio-grabber.
  • Dari VCD gunakan software Ulead media studio ver. 6. 00.
  • Dari DVD gunakan software DVD audio extractor.
  • Dari MP3 gunakan software easy CD-DA extractor.
4. Lagu yang telah diubah formatnya menjadi wave disimpan pada hardisk dan jangan lupa diberi nama.

5. Install program RPP ke komputer.

6. Dari program RPP pada menu utama klik file, klik open, cari file lagu yang akan dibuat.

7. Pada layar akan ditampilkan gelombang suara kiri dan kanan (stereo).

8. Klik play, dengarkan lagu tersebut mulai dari awal.

9. Pada awal lagu buatlah marker dan diberi nama Intro 1, ini adalah bagian intro lagu.

10. Buatlah mark pada akhir intro 1.

11. Kerjakan bagian intro 1 dengan memberi bar/measure pada setiap bass (bukan contra bass) dengan cari memberi mark pada masing-masing bar.

12. Dengarkan pukulan drumnya di setiap bar. Tirukan pukulan drum tersebut pada organ. Kemudian posisi organ pada "recording" atau dapat langsung recording pada RPP.

13. Dengarkan petikan bassnya setiap bar. Tirukan petikan tersebut pada organ. begitu seterusnya petikan gitar, terompet dll.

14. Setelah selesai mengerjakan intro 1, langkah berikutnya ke intro 2 dan seterusnya sampai selesai.

15. Setelah selesai cek dengan organ yaitu lagu yang dibuat harus persis dengan lagu aslinya.

16. Save pada flashdisk.

17. Jangan lupa hasilnya di protect.


Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang cara praktis membuat user style dan MIDI song, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Cara Praktis Mengaransir Musik Dengan Komputer.

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Cara Praktis Membuat User Style dan MIDI Song"