Tips Bermain Suling Bagi Pemula

Tips bermain suling bagi pemula - Suling merupakan alat musik yang memainkannya dengan cara ditiup. Alat musik suling terbuat dari bambu dan untuk suling modern biasanya terbuat dari perak atau perak, bisa juga percampuran antara keduanya, yaitu emas dan perak. Lalu ada juga yang terbuat dari nikel atau campuran nikel perak dan bisa juga logam campur perak, biasanya suling tipe ini dipakai oleh para siswa atau pelajar. Suara suling sangatlah merdu, lembut dan bisa dipadukan dengan alat musik yang lainnya. Kalau di Indonesia pada umumnya suling sering terlihat dan dipakai di musik-musik dangdut Indonesia. Pada dangdut suara suling biasanya menjadi suara khusus atau ciri khas yang ditunggu-tunggu oleh penikmat dangdut, suara khas dalam dangdut yang lain misalnya kendang. 


Memainkan suling bukanlah hal sulit tentunya jika kita mau belajar dan sesering mungkin untuk mencoba memainkanya. Jika kita terbiasa tentang hal apapun itu termasuk mencoba memainkan suling, alhasil membuat kita menjadi terampil karena beradaptasi dengan suling tersebut. Bagi pemula kami sarankan agar membeli suling yang tidak terlalu mahal dahulu untuk latihan. Suling yang terbuat dari nikel atau nikel perak atau bisa menjadi pilihan untuk dibeli. Suling-suling ini biasa digunakan untuk para pelajar.


Tips Bermain Suling Bagi Pemula



1. Memiliki Suling

Tips bermain suling bagi pemula yang pertama adalah baiknya memiliki suling sendiri. Kami sarankan bagi pemula belilah suling yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu. Tetapi jika memang ada budget banyak untuk membeli suling mahal juga tidak masalah. Yang terpenting selalu memainkan suling sehingga kita terbiasa dengan alat musik suling. Karena belajar suling tidak bisa hanya dibayangkan saja, tetapi harus dipraktekkan juga.

2. Belajar Nada Pada Suling

Tips bermain suling bagi pemula yang kedua adalah mencoba mempelajari nada-nada pada suling. Tangga nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do pada alat musik suling. Tangga nada DO dimulai dengan cara menutup semua lubang pada suling dengan jari-jari tangan. Kemudian nada RE dengan membuka jari kelingking pada lubang suling. Kemudian nada MI-FA-SOL dan seterusnya dengan membuka satu persatu jari secara berurutan. Pada gambar disamping menunjukkan cara memegang suling dengan benar.






3. Mencoba Memainkan Lagu

Tips bermain suling bagi pemula yang ketiga adalah dengan mencoba memainkan beberapa lagu atau nada dengan alat musik suling. Cara ini bisa juga menggunakan media bantu buku-buku notasi-notasi lagu ataupun lewat media internet. Jika ingin dengan cara mendengarkan secara langsung nada lagu tersebut lalu memainkannya, ini justru sangat bagus dan sangat dianjurkan. Hal ini bisa melatih kepekaan anda terhadap nada-nada yang anda dengar.

4. Latihan Keras dan Konsisten

Tips bermain suling bagi pemula yang keempat adalah dengan cara latihan keras dan konsisten. Dengan latihan yang keras dan sungguh-sungguh akan memacu dan membuat kemampuan kita bertambah dalam bermain suling. Latihan dengan konsisten dengan cara mengambil beberapa jam dalam sehari untuk bermain dan belajar suling. Lakukan hal ini setiap hari.



Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Tips Bermain Biola Bagi Pemula.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Tips Bermain Suling Bagi Pemula"

  1. makasih untuk tips bermain serulingnya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Untuk memiliki suling buat pemula, nada dasar apa suling yg cocok.

    ReplyDelete