Tips Bermain Kendang Untuk Pemula

Tips bermain kendang untuk pemula - Kendang merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul dengan telapak tangan. Kendang ini merupakan alat musik dari instrumen gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ada juga kendang berukuran kecil yang biasa disebut ketipung. Kendang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Untuk kayu yang direkomendasikan biasanya adalah seperti kayu nangka dan kayu kelapa atau cempedak. Lalu sebagai bahan untuk bam yaitu bagian permukaan yang mengeluarkan bunyi nada rendah terbuat dari kulit kerbau. Kemudian sebagai bahan untuk chang yaitu bagian permukaan luar yang mengeluarkan bunyi nada tinggi terbuat dari kulit kambing.




Kendang merupakan salah satu alat musik tradisional yang masih bertahan dalam bentuk dan kegunaannya sampai sekarang. Kendang merupakan alat musik di gamelan jawa yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kemudian kendang juga sering kita lihat menjadi kelompok instrumen musik dangdut di tv-tv ataupun kita melihatnya secara langsung di panggung-panggung hiburan musik dangdut. Kemudian seorang dalang pun kadang memainkan kendang disaat pertunjukkan wayangnya sedang berlangsung. Tidak ada salahnya sebagai generasi penerus bangsa ikut melestarikan salah satu budaya bangsa yang mendunia yaitu dengan belajar kendang. Jangan sampai budaya ini malah didapat dan jika mau belajar malah harus di negara lain, karena banyak generasi muda Indonesia tidak begitu tertarik dan tidak belajar bermain kendang dan malah justru orang asing yang sangat tertarik dengan kendang dengan membawa ilmu kendang ke tempat asalnya. Dalam artikel ini akan mencoba memaparkan beberapa tips bermain kendang untuk pemula.

Tips Bermain Kendang Untuk Pemula



1. Latihan Fokus Dan Konsisten

Tips bermain kendang untuk pemula yang pertama adalah dengan latihan kendang secara fokus dan konsisten. Belajar kendanglah dengan orang sudah biasa dan ahli memainkan kendang. Belajar kendang bisa diikuti di kelas musik tradisional misalnya di sanggar-sanggar budaya tradisional. Belajar dengan fokus saat latihan kendang dengan cara hentikan aktifitas lain sejenak saat anda latihan kendang disanggar ataupun pada orang yang bisa main kendang. Matikan hp saat anda latihan dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada keluarga bahwa anda sedang latihan kendang, hal ini agar orang rumah atau keluarga tidak khawair mencari-cari anda. Kemudian latihan konsisten dengan cara meluangkan waktu untuk latihan kendang yaitu meluangkan waktu dan menghentikan sejenak aktifitas lain untuk latihan kendang. Ambil beberapa jam dalam sehari untuk berlatih kendang dan lakukan ini setiap harinya.

2. Belajar Teknik Memukul Kendang

Tips bermain kendang untuk pemula yang kedua adalah belajar beberapa teknik memukul kendang dengan benar. Pada point kedua tips bermain kendang untuk pemula ini akan memaparkan beberapa hasil bunyi dari kendang dan cara menghasilkannya.

  • Bunyi "thung" (not p), dengan memukul pada bagian tengah tebokan besar dengan telapak dan semua jari-jari tangan kanan.

  • Bunyi "dhah" (not b), dengan memukul bagian tepi tebokan besar dengan telapak dan 4 jari-jari tangan kanan dan setelah memukul dengan langsung dilepas secepatnya dari tebokan.

  • Bunyi "tak" (not t), dengan memukul dan memberi tekanan menggunakan telapak dan semua jari-jari tangan kiri pada tebokan kecil.

  • Bunyi "tong" (not o), dengan memukul dan segera melepas secepatnya pada bagian tepi pada tebokan kecil dengan menggunakan ujung jari tengah tangan kiri.

  • Bunyi "tek" (not i), dengan memukul dan ditekan pada bagian tengah tebokan besar dengan menggunakan ujung jari tengah tangan kanan.

  • Bunyi "lang" (not L), dengan memukul dan secepatnya melepas pada tebokan kecil dengan menggunakan telapak dan empat jari tangan kiri.

  • Bunyi "lung" (not l), dengan memukul dan secepatnya melepas pada bagian tepi tebokan kecil dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri.

  • Bunyi "ndhet" (not b), dengan memukul dan ditekan pada tepi tebokan besar dengan menggunakan telapak dan empat jari tangan kanan rapat.

  • Bunyi "ndlong" (not b), yaitu kombinasi antara bunyi "dhah" dan bunyi "tong".

  • Bunyi "ndang" (not d), yaitu kombinasi antara bunyi "dhah" dan bunyi "dlong".

3. Berdoa

Tips bermain kendang untuk pemula yang ketiga adalah dengan berdoa sebelum dan sesudah latihan kepada Allah SWT agar kita dimudahkan dalam pemahaman dan ketrampilan memainkan kendang. Hal ini sangat disarankan agar semua orang, baik yang sedang latihan kendang ataupun latihan alat musik lainnya supaya berdoa agar apa yang diinginkan dan dicita-citakan dapat tercapai.


Terimakasih sudah membaca artikel kami ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel kami sebelumya tentang Tips Bermain Suling Bagi Pemula.

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Tips Bermain Kendang Untuk Pemula"

  1. bisa dipahami meski ga ada videonya,kl bisa tambahin videonya biar kami lebih mengerti , terima kasih

    ReplyDelete
  2. bisa dipahami meski ga ada videonya,kl bisa tambahin videonya biar kami lebih mengerti , terima kasih

    ReplyDelete
  3. Kendang ad banyak macam ad kendang tabla kendang kempul,tamborin dn ketipung untuk dangdut biasanya menggunakan ketipung ad 2 macam ketipung yaitu ketipung dangdut dn koplo dn it berbeda bunyinya krna koplo lebih menonjol dg khas suaranya dn kalau dangdut original dn koplo biasanya akan d dominasi kendang jg tp tdk semua jg dn paling sukses mendominasi kendang koplo ad new palapa dg genre koplo campursari ini memiliki hasil yg bagus unik dn memuaskan karena sebenarnya ia memadukan gaya musik koplo dg alat musik tradisional jawa it dg bepaduan musik beberapa jenis alat musik tradisional dn merubah cara memainkanya ,hingga menghasilkan musik dg jenis yg baru dn enak d dengar

    ReplyDelete
  4. Costumer Service 24 Jam..

    Join ? Langsung Contact Kami
    WA : +855 1632 6427
    LINE : CSligautama

    ReplyDelete